IGI DIY Menggeliat

Berorganisasi ibarat seperti tubuh manusia. Ia akan sehat walafiat, manakala asupan makanan dan keseimbangan gerak badan seimbang. Disini, raga manusia melenggang ibarat sebuah perahu yang menghantam riak ombak di laut.

Ada kalanya juga, tubuh seraya sempoyongan tidak fit karena ketimpangan antara fisik dan juga psikis. Kondisi ini dapat timbul karena faktor luar, seperti kehujanan, terkena panas terlalu lama, atau iklim yang kurang bersahabat. Atau karena tata kelola tubuh itu sendiri yang salah memilih menu.

Kondisi seperti ini yang sedang dialami oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebelumnya kami merasa angin-anginan, bagai buih yang terhempas dari hamparan air.

Beruntung Pengurus Pusat IGI mencium situasi IGI yang lama belum siuman. Lewat kunjungan yang dibalut dengan dalih sosialisasi Program Organisasi Penggerak, sejatinya ingin menyentil IGI DIY. Mengapa di pusat pendidikan, organisasi profesi seperti IGI tidak bergairah dalam kiprahnya meningkatkan kompetensi guru.

IGI DIY merespon dengan cepat. Jum’at – Minggu, 7 – 9 Juli 2023 bertempat di SMK Negeri 1 Bantul, menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Organisasi (PMO). Pelatihan ini bekerjasama dengan Pengurus Pusat IGI.

Hari pertama, Jum’at, 7 Juli 2023 diselenggarakan full daring. Pemateri yang menyampaikan antara lain, Kesekretariatan oleh Ibu Wafi Hibatun Wafiroh, M.Pd. Administrasi keuangan dipresentasikan oleh Ibu Tia Rizqi Ferlina, M.Pd. dan Anggaran Dasar serta Anggaran Rumah Tangga oleh Ibu Ary Widi Kristiani. Meskipun dilakukan secara daring, antusiasme peserta tetap membara.

Hari kedua: Sabtu, 8 Juli 2023, PMO dilaksanakan dengan cara modifikasi, daring dan luring. Cara ini memang lebih efektif karena semua orang yang terlibat dapat bertatap muka secara langsung. Rasa kangen untuk bersua, diskusi secara serius, atau sekedar sendau gurau. Kami beruntung dapat bertukar pikiran dengan Ibu Arifah Suryaningsih, MBA. Sedangkan melalui daring dapat bertemu dengan Ibu Wuri Astuti, S.Pd., M.M. serta Bapak Dr. Jasmansyah Faizza.

Ada yang istimewa di hari kedua. Kehadiran para senior untuk memberi semangat kepada kami. Pak Yos, pak Agus dan pak Sugeng merupakan panutan kami. Mereka bukan saja menjadi sahabat, mereka adalah motivator.

Penyusunan program kerja IGI, baik tingkat wilayah maupun daerah tak luput dari agenda. Sebab dalam kenyataan, meskipun sudah berjalan satu semester sejak dilantik, kami belum juga berhasil menyusun program kerja. Namun alhamdulillah, program kerja sudah dapat dipresentasikan

Tidak lupa, IGI DIY mengucapkan terima kasih kepada pihak SMK Negeri 1 Sewon Bantul, PT Harrisma dan PT Kims McAfee dan Google for Education.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *