Integrasi Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Berbasis Masalah

Pembelajaran berbasis masalah mengintegrasikan Literasi Numerasi (Litnum) pada kegiatan Penguatan Fasilitator Daerah (Fasda) SD dan SMP Program Organisasi Penggerak Ikatan Guru Indonesia (POP IGI) Regional Sulawesi yang dilaksanakan selama tiga hari, 24-26 Februari 2023 di NDC Resort and Spa Manado Sulawesi Utara, Sabtu [25/2/2023].

Fasilitator Nasional (Fasnas) pada Penguatan Fasda SD dan SMP Regional Sulawesi sebanyak tujuh Fasnas, masing-masing Dr. Rusnanie, M.Pd (Dewan Pakar IGI), Dr. Gantino Habibi, M. Pd (Waka PW IGI Sumbar), Eka Yudha Ardiyanto, S.Pd (PW IGI Jateng), dan Khairina Lubis, S.Pd (PP Bidang Keanggotaan), Mukarrama Ismail, S.Pd., M.Pd (PW IGI Sulsel), Mohammad Hairul, S.Pd, M.Pd (Dewan Pakar IGI Kabupaten Bondowoso), Ode Abdurrachman, M.Pd.I (Ketwil IGI Maluku).

Tujuan diadakan Fasda SD dan SMP antaranya bisa memfasilitasi POP di Daerah sasaran, menyamakan persepsi materi utamanya Litnum dan implementasi dalam pembelajaran, serta mampu membimbing dan menghasilkan karya inovatif Litnum yang dapat diterapkan di Sekolah, demikian ungkap Gantino Habibi sebagai salah satu Fasnas SD.

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak berurutan pada 2 regional, yaitu Manado dan Sorong. Sementara 2 regional lain sudah dilaksanakan pekan lalu yaitu di Kalteng dan Medan. Seluruh fasilitator memberikan penguatan materi secara klasikal, diskusi, kerja kelompok, simulasi project based learning (PBL) dan lain-lain secara interaktif dan efetif.

“POP IGI telah membuktikan sebagai Organisasi Guru yang berdampak positif untuk peningkatan mutu guru dan kualitas pembelajaran literasi numerasi siswa melalui Penguatan Fasda dan selanjutnya ke Guru sasaran,” jelas Ode Abdurrachman disela giat Penguatan Fasda SMP.

Selama kegiatan peserta mengikutinya dengan semangat luar biasa, setiap sesi diikuti dengan antusias dan sungguh-sungguh namun tetap dalam suasana ceria hingga larut malam, karena keingintahuan peserta terhadap perkembangan kebijakan pemerintah yang merujuk pada asesmen kompetensi minimum (AKM), ungkap team Fasnas SD.

Salah satu peserta Fasda SD, Meylany S.M. Turang Guru SDN 06 Manado yang juga sebagai anggota bidang sosial dan kemasyarakatan IGI Sulut, menyampaikan apresiasinya atas kegiatan Penguatan Fasda yang sedang diikutinya, ” Saya bersyukur dan sangat senang, karena mendapat kesempatan untuk menerima ilmu yang sangat berguna dalam tugas sebagai pendidik”. Selanjutnya harapan dalam kegiatan ini, Semoga bisa mengimplementasikan semua ilmu yang di dapat kepada guru di sekolah sasaran secara maksimal, ungkap Meylany menutup diskusi.

Hal yang sama disampaikan pula oleh salah satu peserta Fasda SMP, Dalvian M. Taroreh, S.Pd., M.Si. Guru SMAN 8 Manado yang juga sebagai Sekwil IGI Sulut, “melalui kegiatan ini Saya mendapatkan pemahaman yang lebih utuh terkait Implementasi Litersai dan Numerasi dalam kegiatan pembelajaran”. Harapannya, seluruh Fasilitator Daerah yang mengikuti kegiatan Penguatan Fasda dapat mengimplementasikan dengan baik kepada guru sasaran di Daerah sasaran, sehingga kemampuan literasi numerasi murid di Sekolah sasaran meningkat, jelas Dalvian menegaskan harapan senada dengan peserta Fasda lainnya.

Tim Fasnas Penguatan Fasda SD dan SMP Regional Sulut menyampaikan apresiasi dan harapan yang sama atas kegiatan ini, “Semoga semua peserta mampu menerapkan strategi dan langkah pembelajaran yang sudah di berikan kepada Fasda untuk mampu melatih guru sasaran di Daerah masing-masing”. Link : https://www.igi.or.id/integrasi-literasi-numerasi-dalam-pembelajaran-berbasis-masalah.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *