5 Aplikasi Livestream Yang Bisa Digunakan Untuk Mengajar Online

MALANG – Selama masa isolasi 14 hari karena merebaknya virus corona, membuat sekolah-sekolah di Indonesia meliburkan siswanya. Namun, pelajaran para siswa harus tetap berjalan secara online di rumah agar tidak tertinggal materi-materi pelajaran yang harus diampu.

Nyatanya, hingga saat ini para guru masih kesulitan untuk menentukan metode belajar yang efektif. Oleh karena itu, tugumalang.id sudah membuat 5 list aplikasi streaming untuk belajar online bagi para guru di Indonesia.

1. Facebook

Salah satu media sosial tertua saat ini, Facebook, sudah memiliki fitur livestream yang bisa diakses lewat smartphone para penggunanya. Dirilis sejak 2015 lalu, media sosial besutan Mark Zuckerberg ini bermaksud untuk mendorong penggunaannya lebih banyak membuat konten pribadi mereka sendiri.
Cara menggunakannya cukup mudah, klik tulisan ‘what’s on your mind’ seperti saat membuat status Facebook. Lalu akan muncul fitur go live di bawah menu upload foto, tinggal klik, dan anda sudah tersambung ke dalam livestream.
Tenang saja, fitur ini bisa dibuat private sehingga hanya murid-murid anda sendiri yang bisa mengakses. Ditambah, Facebook sebagai media sosial terbesar saat ini hampir dimiliki seluruh orang di dunia sehingga tidak perlu repot menginstal lagi.

2. Instagram

Siapa yang tidak tahu aplikasi ini, media sosial Instagram adalah salah satu media sosial yang paling diminati remaja saat ini. Instagram pun rupanya telah merilis fitur livestream sejak 2016 lalu bagi penggunanya.
Cara menggunakannya juga tidak kalah mudah. Cukup klik menu stories di pojok kiri atas. Lalu geser menu paling bawah ke kanan hingga muncul tulisan Live, setelah itu klik tombol tersebut dan anda bisa mulai melakukan livestream hingga 1 jam.
Privasi juga akan terjaga dengan mengunci akun anda hanya untuk followers. Sehingga guru bisa mengajar dengan hanya murid-murid sendiri.

3. YouTube

YouTube adalah salah satu media sosial paling mainstream dengan lebih dari 2 miliar pengguna saat ini. YouTube menjadi media sosial paling populer untuk content creator guna menuangkan kreativitas mereka.

Youtube merilis fitur livestream sejak 2011, agar para content creator dapat berinteraksi secara langsung dengan subscriber mereka.
Untuk bisa livestream di YouTube juga cukup simpel, cukup dengan klik tombol rekam di kanan atas, lalu pilih fitur livestream dan Anda sudah terhubung.
Bagi para pengguna Android, aplikasi ini biasanya sudah tersedia langsung tanpa harus mengunduh kembali.

4. Twitch

Menjadi salah satu platform streaming game paling populer saat ini. Bisa jadi alternatif bagi para guru yang ingin mengajar online. Terutama bagi para pelajar Indonesia pastinya akrab dengan dunia game industri saat ini.
Kini Twitch sudah diakses lebih dari 2 juta pengguna di dunia. Tentu anda harus memiliki akun untuk mengakses fitur livestream Twitch.
Namun, cukup sulit untuk bisa melakukan livestream di Twitch. Karena anda harus memiliki akun OBS Studio agar bisa melakukan live di platform ini.

5. Bigo Live

Tentu Anda pasti akan berpikir negatif setelah membaca list kelima ini, namun anda tidak perlu risau. Karena manfaat Bigo Live sebenarnya lebih banyak daripada image-nya yang buruk.
Platform yang booming di Indonesia sejak 2016 ini, bisa menjadi alternatif mengajar online dengan size ringan di smartphone. Hanya 38mb size unduhan aplikasi ini di Google Play Store.
Penggunaannya juga cukup mudah. Cukup menekan tombol rekam yang ada di bawah dan tengah dashboard aplikasi ini. Lalu klik go live, dan anda sudah tersambung untuk melakukan livestream.
Namun, diperlukan pengawasan orang tua untuk mengakses aplikasi ini dan hanya boleh untuk anak 12 tahun ke atas.
Sumber :
https://kumparan.com/tugumalang/5-aplikasi-livestream-yang-bisa-digunakan-untuk-mengajar-online-saat-dirumahaja-1t4d0m2jWxu/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *