Deretan Pelatihan Lucu Dari Kartu Pra Kerja, Pentingkah?

Jakarta, CNBC Indonesia – Program pelatihan yang ditawarkan oleh platform mitra Kartu Prakerja kini menjadi sorotan publik. Dari segi harga hingga materi yang kurang efisien bahkan seringkali disandingkan dengan pelatihan gratis diplatform lain yang bisa dipelajari secara otodidak.

Saat ini ada 8 mitra Kartu Prakerja yang akan memfasilitasi terkait pelatihan bagi peserta Kartu Prakerja antara lain : Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, MauBelajarApa, Ruangguru, dan Sekolahmu.

Untuk melihat apa saja program pelatihan yang ditawarkan tiap platform dapat kalian lihat langsung pada halaman website mereka masing-masing. Berikut beberapa pelatihan yang berikan oleh para mitra Kartu Prakerja  :

1. Paket Pelatihan Ojek Online (Rp 1 juta)

Skill Academy by Ruangguru menyediakan sebuah paket pelatihan ojek online yang diperuntukkan bagi para pengendara ojek online untuk menambah keterampilan baru. Pelatihan ini dipatok dengan harga Rp. 1 juta dengan menyertakan enam kelas yang dapat dihadiri oleh peserta.

2. Menjahit Masker Anti Corona, Mudah Dan Bisa Dijual (Rp 600 ribu)

Pelatihan ini disediakan oleh Pintaria bagi para peserta kartu Prakerja yang ingin membuka usaha atau memanfaatkan situasi pandemi ini dengan membuat dan menjual masker. Nantinya peserta akan diajarkan cara menjahit dan pengetahuan seputar pembuatan masker.

3. Editing Foto Snapseed Untuk Jualan Online (Rp 500 ribu)

Pelatihan ini yang disediakan oleh Sekolahmu ini akan membahas cara membuat foto produk menjadi lebih berkualitas dan menarik minat pembeli hanya dengan aplikasi smartphone yaitu Snapseed. Pelatihan ini nantinya akan disediakan 6 kelas yang dihadiri oleh peserta.

4. Membuat Brosur Digital Menggunakan Aplikasi Canva (Rp 150 ribu)

Pintaria menyediakan sebuah pelatihan online untuki peserta mempelajari tentang bagaimana membuat brosur digital menggunakan aplikasi pada handphone yaitu Canva. Pelatihan ini sendiri akan dilaksanakan di aplikasi BINUS CENTER dengan dua sesi.

5. Belajar Membuat Kroket Ayam Keju (Rp 400 ribu)

Pelatihan memasak ini bisa kalian ikuti dalam platform MauBelajarApa. Nantinya peserta akan dipandu oleh Chef Yongki untuk belajar dan membuat makanan Kroket Ayam Keju.

6. Persiapan Mencari Kerja (Rp 350 ribu)

Pelatihan yang ada pada platform Sekolahmu ini akan memberikan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan untuk siap mencari kerja dan melamar kerja. Khususnya untuk lulusan baru yang akan mempelajari cara mencari informasi pekerjaan, membuat CV dan lamaran pekerjan serta hal apa yang harus dilakukan apabila lamaran pekerjaan sudah dikirimkan.

7. English For Ojek Drivers (Rp 500 Ribu)

Pelatihan yang ada pada Pintaria ini dikhususkan untuk para pengendara Ojek Online untuk belajar bahasa Inggris dasar agar bisa berinteraksi dengan para pelanggan dari turis mancanegara. Kursus ini akan terdiri dari 7 modul pelajaran video dengan tes mini (online) menggunakan campuran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

 

Sumber :
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200420164253-37-153173/deretan-pelatihan-lucu-dari-kartu-pra-kerja-pentingkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *