Pelatihan Dan Pengajaran Komputer

Pelatihan dan Pengenalan Dasar Komputer
Dewasa ini, kita telah memasuki era globalisasi. Era yang tingkat kemajuannya semakin meningkat dengan persaingan yang semakin ketat. Semakin hari semakin banyaknya ciptaan-ciptaan ilmuwan yang memasuki bidang kehidupan manusia. Secara tidak langsung, hal tersebut mewajibkan manusia untuk mengenali dan menguasai teknologi tersebut. Ketika seseorang tidak mampu menguasai teknologi yang telah merambah dengan pesat, dapat dipastikan orang tersebut akan kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan luar.
Salah satu contoh teknologi, yaitu laptop atau komputer. Teknologi tersebut telah menjadi teman hidup manusia. Setiap hari, mayoritas manusia di muka bumi ini melakukan aktivitas bersamanya. Oleh karena itu, kami melakukan kegiatan pelatihan computer pada anak yang ada di Gampong Peunayong ini. Sasaran kegiatan ini adalah anak-anak dengan tingkat sekolah menengah pertama. Hal ini ditujuankan untuk mengenalkan anak akan teknologi ini dan melatih anak untuk menjalankan teknologi tersebut agar anak-anak dapat mahir menjalankan teknologi tersebut dengan lancar sehingga nantinya mereka dapat beradaptasi dengan mudah ketika berada di lingkungan luar.

Maksud, Tujuan, dan Sasaran yang Ingin Dicapai
Kegiatan ini dilakukan dengan maksud agar anak-anak sadar betapa pentingnya komputer di zaman sekarang ini sehingga memudahkan mereka dalam menyusun makalah/tugas yang diberikan oleh guru di sekolah. Adapun tujuan dari pengenalan dan pelatihan dasar komputer ini adalah:
1) Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan anak-anak terhadap komputer serta pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari
2) Agar anak-anak dapat menggunakan komputer terlebih dalam hal mengetik menggunakan program Microsoft Word
3) Setelah pelatihan diharapkan anak-anak dapat dapat mengaplikasikan komputer dalam pembuatan makalah, tugas dari sekolah, dan karya tulis

Hasil Yang Dicapai Dan Tindak Lanjut
Pengajaran pengenalan komputer untuk anak-anak Desa Peunayong dilaksakan oleh Zhada Mawadi dibantu oleh Hervi Diana, Tayara Azza Maharany, dan Siti jemari. Acara Ini dilaksanakn Sebanyak 5 kali pertemuan selama pelaksanaan KKN yaitu pada tanggal 12, 15, 16, 23, 24. Kegiatan belajar dilakukan di Balai Gampong. Jumlah anak-anak yang mengikuti pelatihan sebanyak 7 orang yang terdiri 2 orang laki-laki dan 4 orang perempuan.
Mereka semua masih menempuh tingkat pendidikan menengah pertama. Para siswa diajarkan pemakaian komputer untuk mengetik yaitu dengan langsung menggunakan laptop yang disiapkan oleh mahasiswa KKN. Setelah selesai kegiatan ini, anak-anak umumnya (80 %) sudah mengenal fungsi-fungsi sederhana dari perakat komputer dan mereka juga sudah bisa mengetik. Setelah selesainya kegiatan ini diharapkan kepada orang tua siswa dan guru untuk tetap melanjutkan kegiatan ini baik di rumah dan di sekolah mereka agar mereka tidak lupa dengan pelajaran yang sudah dipelajari dari mahassiwa KKN Unsyiah.

Faktor Pendukung dan Penghambat
Adapun faktor pendukungnya adalah:

  1. Adanya partisipasi dari anak-anak dalam mengikuti kegiatan pengenalan dan pelatihan dasar komputer sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar.
  2. Terjalinnya kerja sama antar anggota KKN yang harmonis sehingga kegiatan yang dilakukan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Adapun yang menjadi faktor penghambat dalam kegiatan ini adalah anak-anak kurang cepat tanggap dan paham terhadap pelatihan komputer yang diajarkan sehingga terjadi beberapa kali pengulangan dari pemateri mahasiswa KKN terhadap bahan pengajaran komputer yang diajarkan. Karena itu, dalam setiap kali pertemuan membutuhkan waktu yang lama dalam kegiatan pengebalan, pengajaran dan pelatihan komputer.

 

Sumber :
http://webblogkkn.unsyiah.ac.id/peunayong9/pelatihan-dan-pengajaran-komputer-2/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *